Rabu, 18 November 2015

Sinopsis Novel "MARYAMAH KARPOV" karya Andrea Hirata



MARYAMAH  KARPOV


Hasil gambar untuk cover novel mariah karpov


Judul                : MARYAMAH KARPOV
Pengarang        : Andrea Hirata
Tahun Terbit    : November 2008

  

           Keteguhan dan tekat yang kuat menjadika sebuah mimpi menjadi sandaran kenyataan. Walaupun keringat mengalir dan letih namun cobaan itu tidak memusnahkan mimpi Ikal untuk menjadi nyata. Tapi dalam nyata membutuhkan selembar kertas yang bisa megangkat sebuah martabat, dari itulah Ikal bersumpah ”Aku akan belajar lebih giat dan besungguh-sungguh Untuk mengangkat martabat Ayah dan kaumnya”  , dan bisa seperti saat ini sehingga aku tidak seperti nasib Ayah dan kaumku. Pada saat tubuh kumal dengan memegangi sekop untuk menghidupi gunungan timah untuk kelangsungan hidup.            Kini Tuhan telah memeluk mimpiku dulu aku waktu masih kecil, untuk mengagkat martabat Ayahku dan kaumku yang dapat ku rasakan dalam aliran darahku dan butiran keringatku yang menjadi bukti bahwa nasib telah memihak kepada orang pemberani. Walaupun rindu mengapung dalam hasratku, kepada Ayah dan Bu Muslimah, dan ke 10 teman-temanku Laskar Pelangi.            Keberanianku untuk mencari seorang gadis Ho Pho itu. Dan membawa sadarku bahwa kemanapun nasib telah membawaku. Itu bermula dari tempat ku berdiri di depan Toko Sinar Harapan, ketika A Ling tersenyum padaku dibalik tirai keong-keong diambang pintu.
            Kini air mataku menepi  karena tak ada lagi senyum itu yang dapat mengobatiku waktu bersepeda dari sekolahku ke Toko Lao Mi. Senyum itu satu detik keramat saat cinta menyapa hatiku kali pertama, purnama takkan terbit kalau bukan karenaku, betapa dahsyat senyum A Ling sedetik itu. Tapi aku tahu cinta anak kampong yang pertama itu masih kan membawa semangat ku untuk menjelajah tempat-tempat asing yang tak pernah ku bayangkan. A Ling memanggilku dari utara dan aku akan kesana untuk mencarinya.
            Keteguhan hati ini telah membawaku kesudut-sudut dunia untuk menemukan A Ling. Apapun Ikal lakukan demi perempuan HoPho itu. Berbagai peristiwa telah dilalui dan ancaman telah dihadapi ketika keberadaan A Ling telah tampak. Dia tetap mencari meskipun tanda-tanda itu samar. Tapi tekat Ikal untuk menemukan A Ling tetap berjalan hingga keduanya dapat bertemu di Pulau Kuburan.            Ketika itu Ikal sangat dilanda kebahagian dari yang terbahagia namun tak berarti sampai disitu. Sampai A Ling berkata curi aku dari Pamanku dari itu aku bercerita kepada Chung Fa untuk melamar A Ling.            Ketika Ikal meminta restu pada Ayahnya untuk meminang perempuan Ho Pho itu, tetapi Ayahnya terlihat bergemetar.ia seperti tak mampu menangguhkan perasaannya. Air matanya mengalir pelan, dan nafasku tercekat dan seolah runtuh melihat wajah Ayahku, matanya kosong wajahnya pias dan aku tahu makna wajah Ayah bahwa mengatakan tidak            Ku bawa apapun yang dapat ku bawa di tengah hamparan ilalang, ku menemui A Ling berdiri sendiri menanti jawabanku. Tapi kami hanya bisa diam, walaupun sebenarnya A Ling tahu apa yang terjadi. Lalu ia bersimpuh memeluk lututnya ia sesenggukan meremas ilalang tajam seakan ia tak merasakan darah mengucur ditelapaknya. Dan memperlihatkan rajah kupu-kupu hitam di bawah sinar bulan. Kukatakan padanya, aku akan mencurinya dari pamannya dan melarikannya. Ikal akan membawanya naik perah itu dan kami akan melintasi selat singapura.    



1 komentar:

  1. xn--o80b910a26eepc81il5g.online
    › en-us › xn-o80b9b9b9b 온카지노 › en-us › xn-o80b9b9b9b 9/8 4/8 4/7 クイーンカジノ 2.5 0.1 0.1 1XBET 0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0

    BalasHapus